Verifikasi RKP Des Desa Wijirejo Tahun 2019

Administrator 27 November 2018 19:03:01 WIB

Tidak terasa, kali ini kita sudah dihadapkan pada penghujung tahun atau tepatnya di bulan November. Artinya, beberapa saat lagi Desa Wijirejo akan segera tutup buku untuk kegiatan-kegiatan operasional, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan. Namun, sebelum mengakhiri tahun dengan tutup buiu, terlebih dahulu desa diwajibkan untuk menyusun rencana kerja tahun berikutnya.

 

Dokumen kegiatan pelaksanaan harus disusun sebagai RKP Desa yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJM Des sebagai acuan pelaksanaan kegiatan selama periode satu masa jabatan lurah. RKP disusun berdasarkan usulan-usulan daru masyarakat yang difilter dengan ketersediaan dana dan aturan-aturan perundangan yang berlaku. Karena dalam pembangunan di tingkat bawah, desa memiliki fungsi secara langsung melaksanakan amanat masyarakat secara langsung.

 

RKP Desa Wijirejo pada bulan ini telah memasuki masa verifikasi. Verifikasi dilaksanakan oleh 5 orang yang ditetapkan melalui SK Lurah, sehingga keberadaannya secara legal bisa dipertanggungjawabkan. Verifikasi awal dilaksanakan untuk mengukur kebenaran data yang diajukan oleh pedukuhan dalam bentuk RAB dengan kondisi riil di lapangan. Setelah itu baru kegiatan-kegiatan yang bersifat pembinaan dan pemberdayaan.

 

Diketuai oleh Wasidi, kegiatan verifikasi akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sehingga, pada tanggal 7Desember RKP Des sudah final dan dapat diajukan untuk menyusun RAPBDes oleh kaur keuangan. Pelaksanaan Musrenbangdes sebagai puncak kegiatan penyusunan RKP, memiliki peran yang sangat penting dalam sosialisasi kepada masyarakat sebagai pihak yang memiliki usulan-usulan.

Komentar atas Verifikasi RKP Des Desa Wijirejo Tahun 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License