Pentas ReogPanca Budaya Menyambut Tahun Baru Suro

Administrator 18 September 2018 07:58:57 WIB

Setiap Desa memiliki identitasnya masing-masing dan menjadi trade mark jika dikelola dengan baik. Setiap hasil cipta, rasa dan karsa merupakan anugerah dari pola manusia dalam mengolah pikirannya. Sebagai wujud proses tersebut, budaya merupakan produk komplit yang muncul dari kearifan lokal dan berdasarkan penginderaan manusia terhadap alam skeitarnya. Wijirejo sebagai Desa yang memiliki sejarah panjang keberadaan Ki Joko Bodho, memiliki berbagai macam kesenian budaya baik yang bersifat umum maupun khusus. Umum dalam artian bisa juga dimiliki daerah lain, sedangkan kesenian khusus adalah yang memang bersumber dari wilayah Desa Wijirejo yaitu Pekbung.

Bertempat di Lapangan Voli RT 03 Bajang, dilaksanakan pentas Reog Panca Budaya sebagai wujud dinamika Wijirejo menuju desa rintisan budaya. Hal ini dimaksudkan sebagai ajang untuk pertunjukan kesenian yang dikelola warga setempat dan menambah khasanah kesenian yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 16 September mulai pukul 13.00 hingga 17.30.Antusias warga terlihat mengingat warga yang hadir terdiri dari berbagai usia dan berbagai generasi. Artinya, dengan kemajuan teknologi tidak serta-merta melunturkan nilai budaya. Gadget tanpa budaya adalah kemustahilan dan budaya tanpa adanya gadget tidak akan bisa dilanjutkan ke berbagai generasi lintas media.

Adapun pagelaran reog ini adalah dalam rangka memperingati tahun baru islam 1440H dan diselenggarakan oleh warga sekitar. Warga bersyukur terhadap anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan nikmat berpikir bagi manusia. Nikmat tersebut tidak bisa hanya dinikmati oleh personal saja, tetapi juga oleh seluruh warga masyarakat sebagai perekat hubungan kesatuan masyarakat. Ke depan, masyarakat berharap apa yang telah mereka tampilkan akan turut mewarnai Wijirejo sebagai rintisan Desa Budaya.

Komentar atas Pentas ReogPanca Budaya Menyambut Tahun Baru Suro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License