Sukses Parade Kethoprak Mataram 2018

Administrator 07 November 2018 08:49:59 WIB

Setiap penghujung tahun dengan puncak pada bulan November, tepatnya tanggal 2 Desa Wijirejo mengadakan serangkaian hari jadi. Pada tahun 2018 ini, Desa Wijirejo berulang tahun yang ke-72 atau berdiri mulai tahun 1946. Agenda budaya menjadi agenda wajib yang diadakan sebagai wadah untuk menaungi kearifan-kearifan lokal yang ada. Pekbung, kethoprak, sholawat jawa, jathilan adalah beberapa jenis kesenian yang ada dan berkembang di wilayah Desa Wijirejo. Keberadaannya terpatri dalam sejarah panjang Kauman-Makamsewu.

 

Pada tahun ini, ada yang sedikit berbeda dari penampilan pedukuhan dalam menyemarakkan hari jadi. Kalau biasanya beberapa pedukuhan tidak menampilkan kesenian kethoprak, pada tahun ini semua pedukuhan menampilkan kethoprak. Adapun lakon yang dipentaskan merupakan rangkaian sejarah panjang Kerajaan Mataram yang di beberapa fase sejarah melibatkan keberadaan Desa Wijirejo. Mulai dari kisruh kerajaan, babad alas, hingga kisah perjalanan Panembahan Bodho atau Sultan Trenggono dalam membangun wilayah Wijirejo yang pada awalnya merupakan gabungan dari 2 desa yaitu Desa Kauman dan Desa Gesikan.

 

Tidak hanya dipentaskan, parade kethoprak juga dinilai untuk mendapatkan apresiasi.Pada kesempatan kali ini, pedukuhan Pandak menjadi juara diikuti pedukuhan Pedak dan Gedongsari. Penyerahan hadiah dilaksanakan pada malam puncak atau Minggu, 4 November 2018 bersamaan dengan penutupan hari jadi Desa Wijirejo ke-72. Dengan semakin berkembangnya kesenian kethoprak di masyarakat, harapan Wijirejo menjadi desa rintisan desa budaya dengan regenerasi yang terjaga akan meningkatkan nilai Desa Wijirejo di wilayah maupun umum.

Komentar atas Sukses Parade Kethoprak Mataram 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License