MUSDES RKP Des dan Sosialisasi Padat Karya Tunai

Administrator 28 Juni 2018 10:18:56 WIB

Pada tahun 2018 ini, egenda musdes yang pertama adalah tentang penyusunan RKP dan sosialisasi Padat Karya Tunai (PKT) yang diberlakukan mulai tahun ini dalam pekerjaan pembangunan. PKT merupakan program yang bertujuan di samping membangun infrastruktur maupun pemberdayaan, diinstruksikan agar mampu menciptakan peluang kerja baru. Utamanya bagi masyarakat dalam usia kerja yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT). Sehingga, pembangunan bisa secara keseluruhan dirasakan oleh masyarakat.

 

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah merupakan bagian dari keterbukaan pemerintah desa terhadap masyarakat terkait dengan PKT. Sehingga, semua warga yang masuk dalam BDT memiliki kesempatan untuk masuk di dalamnya. Penyerapan tenaga kerja ini didukung dengan kewajiban desa secara keseluruhan anggaran mengalokasikan APBDes nya minimal 30%. Dalam penjelasannya, disampaikan oleh Edi sebagai pendamping Tenaga Ahli tingkat kabupaten menekankan bahwa 30% adalah secara keseluruhan. Tidak semua kegiatan 30%, bisa kurang dan bisa berlebih. Imbasnya, dalam penyusunan terdapat perubahan dalam volume pengerjaan baik yang berkurang, tetap maupun ada yang bertambah. Selain itu, tujuan dari sosialisasi ini adalah agar desa selaku pelaksana anggaran desa bisa segera melaksanakan pembangunan melalui TPK dan pokgiat masyarakat. Kesepahaman antara desa dan masyarakat akan memberikan keamanan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan hingga pelaporan.

 

Pada sesi kedua, turut disosialisasikan mekanisme penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2019. Pada kesempatan ini kegiatan dikepalai oleh Fauzi Afnan selaku carik, Agus Widodo sebagai sekretaris, jajaran pamong, bpd, tokoh masyarakat, unsur pemuda dan perempuan. DIsusun pula tim verifikasi yaitu Sugeng, Maryati, Danang, Herly Wuryani dan Suradal. Sebagai langkah awal penyusunan, telah disepakati bahwa pada minggu kedua bulan Juli akan diadakan pencermatan RPJM Des sebagai dasar penyusunan RKP.

 

Estu Prasetya

 

Komentar atas MUSDES RKP Des dan Sosialisasi Padat Karya Tunai

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License