Gotong-Royong Perbaikan Irigasi

Administrator 22 Mei 2017 08:47:56 WIB

 

Rerumputan di tepi jalan mulai mongering, pertanda bahwa musim kemarau telah datang. Wijirejo sebagai salah satu desa di kawasan datar Kabupaten Bantul, patut bersyukur karena tidak terkena dampak banjir besar jika penghujan dan masih bisa bertanam saat kemarau tiba. Musim kemarau saat ini sedikit terasa sulit bagi areal persawahan di sebelah Kecamatan Pandak. Di samping karena aliran air mulai menipis, saluran irigasi yang bocor di sana-sini membuat aliran air yang masuk ke areal persawahan berkurang banyak.

 

Melihat situasi demikian, para petani penggarap lahan pun pada hari Minggu, 21 Mei 2017 berkumpul di area drainase. Sedari pagi, mereka datang dengan menenteng cangkul, sabit, karung dan alat-alat lain yang diperlukan. Setelah jumlahnya cukup, kemudian langsung turun ke saluran drainase untuk memperbaiki kontur drainase seperti mengeruk bagian yang dangkal, membersihkan sampah dan menambal bagian-bagian yang bocor agar volume air yang masuk ke areal persawahan bisa maksimal.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas yang patut kita lestarikan sebagai salah satu bentuk budaya gotong-royong yang menjadi cirri khas bangsa. Daripada mencari air sendiri, tentu akan lebih ringan jika diusahakan secara bersama-sama dengan aturan-aturan musyawarah yang telah disepakati. Ke depan, sistem pertanian yang tertata, perawatan saluran yang terjaga dan jiwa sosial yang dipupuk bisa menjadi bagian penting visi Wijirejo menjadi desa yang mandiri dan tangguh secara ekonomi.

(Dion, red)

 

Komentar atas Gotong-Royong Perbaikan Irigasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License