Inspeksi Lapangan oleh Inspektorat

Administrator 15 Agustus 2017 08:35:53 WIB

Mulai dari tanggal pertama di bulan Agustus ini, Desa Wijirejo sedang kedatangan tamu dari inspektorat. Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengaudit kegiatan pada tahun anggaran 2016 yang disusun dalam Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) yang disusun pada tahun 2015. Kegiatan yang masuk dalam pemeriksaan meliputi kegiatan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Item ini sesuai dengan aktivitas wajib yang dilakukan oleh desa selaku yang memiliki kewenangan dalam menata daerahnya.

 

Dua elemen kunci dalam pemeriksaan adalam bidang keuangan dan bidang pembangunan. " Selama kita rapi administrasi tidak masalah. Pada hari pertama, bukan kekurangan justru malah kelebihan dalam membayar beberapa pajak," ujar Heri Sujoko SE selaku Kaur Keuangan yang pada pemeriksaan kali ini mendapat porsi paling banyak. Pada kepemimpinan sebelumnya, peran keuangan tidak hanya mengurusi keluar-masuk uang, tetapi juga perencanaan. Sehingga, beberapa proses belum terlalu mendetail karena undang-undangnya belum di sahkan atau belum digunakan. "Sekarang sebenarnya lebih enak, karena proses-proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi sudah ada dalam undang-undang,"tambahnya.

 

Pada minggu terakhir ini, tim inspektorat dari Kabupaten Bantul mengunjungi beberapa tempat realisasi kegiatan pembangunan tahun 2016. Beberapa dusun yang didatangi adalah Pedak dan Kauman, sebenarnya akan dilanjutkan ke Kwalangan, Pandak dan Bajangakan tetapi waktu belum memungkinkan untuk dilanjutkan. "Rata-rata jalur dibuat dengan ketebalan 8 cm, untuk tanggul pada tahun tersebut setinggi 70 cm bertempat di Dusun Kauman yang rencananya akan dijadikan jalan lintas dusun. Tinggal satu orang yang belum rela, yang lain sudah siap untuk dilewati jalan tembus sampai Masjid Kauman," tutur Bintoro sebagai Kasi Kesejahteraan.

 

Dion-red

Komentar atas Inspeksi Lapangan oleh Inspektorat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License