Pembuatan DAM Di Kadisoro

Administrator 28 Juli 2017 10:49:55 WIB

Memasuki musim kemarau, para petani mulai berpikir untuk mempersiapkan diri. Pasalnya, untuk masa tanam berikutnya sudah memasuki musim penghujan. Jika salah perhitungan alamat bisa merugi dan tidak mengalami panen. Terbaru, dari Dinas Pengairan kabupaten melalui Kementerian Pedesaan akan membangun DAM atau bendungan di Sungai Bedhog sesuai dengan program pemerintah pusat.

 

Maraknya pembangunan baik berupa struktur maupun infrastruktur, tentu berefek pada lingkungan hidup. Perumahan, properti hingga hotel bertebaran baik di kawasan perkotaan hingga pedesaan dalam bentuk pondok. Sistem distribusi air dari sumber air bawah tanah, turut mempengaruhi kondisi mata air sumur di sekitarnya. Dalam skala pertanian dan perikanan, menyusutnya air tanah mengakibatkan pembengkakan di sektor biaya. Pada kelompok petani, menyusutnya volume air tanah mengakibatkan tanaman komoditi padi terancam tidak bisa ditanam. Apalagi, jika dihitung waktu penanaman komoditi palawija bukan strategi yang bijaksana. Musim penghujan tentu akan berdampak pada kualitas hasil yang dikeringkan.

 

Pekerjaan DAM sendiri akan dilakukan di daerah Dusun Kadisono wilayah Desa Guwosari. Kawasan terdampak melintang dari wilayah Desa Guwosari, Gilangharjo dan Pandak. Koordinasi dimaksudkan untuk mengantisipasi petani gagal panen karena kurangnya informasi. Sehingga, kerugian bisa ditekan seminimal mungkin. Karena program peningkatan kapasitas infrastruktur tidak boleh menerabas pakem lain yang tidak kalah penting.

 

Dion-red.

 

 

Komentar atas Pembuatan DAM Di Kadisoro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License