Arah Pembangunan Desa Wijirejo

Administrator 06 Juli 2017 09:03:26 WIB

Mulai tahun 2016, pemerintah melalui Undang-Undang Desa telah menjadi sasaran utama penggerak pembangunan di tingkat desa. Tujuan utama adalah untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan menipiskan kesenjangan sosial. Hal ini sesuai dengan amanat Pancasila sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Penekanan pada konsep keadilan sosial inilah yang diterapkan oleh pemerintah melalui kebijakan pengembangan wilayah.

 

Bagi masyarakat desa, pemerataan pembangunan melalui pemerintah desa jelas merupakan angin segar dalam reformasi birokrasi. Program yang ada tidak dikhususkaan bagi perekonomian makro saja, tetapi juga perekonomian mikro yang jika tidak siap bakal terdesak dan kalah dalam persaingan pasar bebas Asia (MEA). Pembangunan melalui dana desa ini sangat penting sebagai modal dalam meningkatkan persaingan dalam perputaran perekonomian. Fasiltias-fasilitas umum yang diperlukan masyarakat, menjadikan aktivitas perekonomian mikro bisa terdorong dan bisa memangkas permasalahan distribusi dari produsen kepada konsumen.

 

Wijirejo yang mencanangkan visi pemerintahan yang bersih, pengembangan ekonomi dan linear dengan hubungan vertikal telah menyusun arah pembangunan dalam 6 tahun ke depan. "Guyub Rukun Mbangun Deso" menjadi kata sandi dalam pelaksanaan pemerintahan. Maka, proses penjaringan usulan dari masyarakat menambah khasanah dalam pengembangan perekonomian desa setelah digabungkan dengan agenda-agenda rutin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan sarana dan prasarana, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

 

Pembangunan akses transportasi, irigasi, wisata, persampahan dan peningkatan fasilitas kesehatan menjadi prioritas utama. Hal ini sesuai dengan prioritas pemanfaatan dana desa untuk masyarakat seluas-luasnya. Pembinaan keamanan, kesejahteraan balita dan lansia, pelatihan UMKM dan pemberdayaan kelompok-kelompok masyarakat melengkapi potongan puzzle arah pembangunan Wijirejo 6 tahun ke depan. Dua kelompok kegiatan ini disusun untuk mencapai dua tujuan besar peningkatan taraf hidup masyarakat melalui perputaran ekonomi dan kesehatan masyarakat melalui proyek Wijirejo Desa Wisata dan Bebas Sampah 2019. Partisipasi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tujuan pembangunan Wijirejo. Sehingga, peningkatan tidak hanya tertuju pada fasilitas fisik semata, tetapi juga kesiapan masyarakat dalam menangkap peluang.

 

Dion-red

Komentar atas Arah Pembangunan Desa Wijirejo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License