Pengajian Malam Selasa Kliwon di Makam Nyai Brintik

Administrator 27 November 2019 14:37:32 WIB

Wijirejo-Pengajian Malam Selasa Kliwonan merupakan agenda rutinan yang dilakukan oleh masyarakat yang memiliki leluhur yang dimakamkan di Makam Nyai Brintik. Kegiatan diawali dengan tahlil untuk mengirim doa kepada leluhur. Biasa dipimpin oleh kaum rois setempat. Kegiatan ini diprakarsai oleh warga Kauman, Ngentak Kauman, Karang dan Gedongsari. Penyelenggara setiap malamnya berbeda-beda digilir yaitu Kauman-Ngentak Kauman, Karang dan Gedongsari. Dusun yang gilirannya menyiapkan kebutuhan pengajian mulai dari memandu acara, memimpin doa dan konsumsi. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada sehingga tetap terlaksana kegiatan pengajian di Makam Nyai Brintik.

Di Makam Nyai Brintik selain untuk acara pengajian malam Selasa Kliwon biasanya juga dilakukan kegiatan Nyadran yang dilakukan setiap setahun sekali tepatnya seminggu sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Nyai Brintik sendiri adalah istri dari Panembahan Bodho yang sudah lama meninggal dan dimakamkan di Makam Sewu. Kemudian masyarakat menjadikan Makam Nyai Brintik sebagai salah satu tempat untuk wisata religi selain Makam Sewu. (Febri)

Komentar atas Pengajian Malam Selasa Kliwon di Makam Nyai Brintik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFO GRAFIS

Pengumuman

Anda Bisa Mengirim Tulisan ke Website Desa Wijirejo

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License