Sistem Informasi Desa untuk Perencanaan Desa yang Visioner

Admin Desa 03 Agustus 2017 08:16:03 WIB

Pada tanggal 2-3 Agustus, diadakan bimbingan teknis / bimtek di Gedung PMD lantai 2 kompleks perkantoran Kabupaten Bantul. Kegiatan ini diagendakan untuk meningkatkan desa dalam input data terkait data nasional yang kompatibel dan reliabel. Hal ini sesuai dengan agenda pemerataan dan peningkatan penerima manfaat Dana Desa yang besar bagi desa untuk langsung dikelola.

 

Tujuan optimalisasi Dana Desa harus didahului dengan perencanaan yang matang. Tanpa adanya perencanaan, maka program-program desa yang dilaksanakan tidak akan tepat sasaran karena mengacu pada intuisi polemik yang berkembang di masyarakat. Padahal, keberadaan Dana Desa sendiri diharapkan bisa untuk mengembangkan sarana-prasarana publik yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat menuju pada kesejahteraan. Pengembangan ini tentu saja harus diiringi dengan peningkatan alokasi untuk kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Masyarakat dan desa adalah dua elemen yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa masyarakat, desa hanya akan menjadi hutan belantara yang asli atau orisinal. Sedangkan tanpa wilayah, masyarakat tidak akan bisa hidup dan beraktivitas. Adanya masyarakat merupakan anugerah yang luar biasa dalam mengelola apa yang ada di lingkungan desa agar bisa diberdayakan. Sesuai dengan perkembangan zaman, masyarakat telah mendapat sentuhan teknologi yang jika digunakan untuk hal yang salah akan menjadi kerugian yang sangat besar. Tetapi, jika dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi cara cepat dalam meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.

 

Integrasi masyarakat dan desa akan menjadi cara untuk menggapai kesejahteraan bersama. Data merupakan elemen dasasr dalam menentukan pengorganisasian potensi yang dimiliki, pemetaan penduduk, potensi bencana dan nilai "jual" desa dalam lingkup perekonomian digital. Di samping itu, data yang akurat akan meminimalisir kesalahan kebijakan yang berpotensi memunculkan pembangunan yang tidak merata di setiap wilayah desa. Sehingga, diperlukan tim untuk penyusunan data berbasis desa untuk merencanakan kegiatan pembangunan di segala bidang yang menyeluruh, terarah dan sesuai dengan visi pembangunan nasional yakni membangun manusia Indonesia seutuhnya.

 

Dion-red

Komentar atas Sistem Informasi Desa untuk Perencanaan Desa yang Visioner

Raryudi 03 Agustus 2017 20:35:45 WIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Lokasi WIJIREJO

tampilkan dalam peta lebih besar