Inspeksi Kinerja Desa Wijirejo

Admin Desa 01 Agustus 2017 11:23:49 WIB

Dalam rangka menegakkan aparatur negara yang bersih dari berbagai macam praktik KKN, pada bulan Agustus terhitung mulai tanggal 1 sampai 22 Agustus diadakan pemeriksaan oleh inspektorat. Inspeksi dimulai dari dokumen RPJMDes sebagai langkah awal pemerintahan desa satu periode atau selama 6 tahun. Pemeriksaan dijadwalkan selama 2 minggu atau 14 hari kerja, meliputi kegiatan yang dilaksanakan oleh para kaur dan kasi di Desa Wijirejo.

 

Anggota pemeriksa dari inspektorat berjumlah 9 orang, pada hari ini, 31 Agustus 2017 yang mengawali kedatangan ada 6 orang terdiri dari 4 orang wanita dan 2 orang laki-laki. Rancangan pemerintahan desa sendiri dalam hal ini terbagi dalam dua periode yaitu periode sebelum dan setelah dilaksanakannya dana desa. Adanya dana desa, tentu meningkatkan perincian kegiatan dan pelaporannya. Sehingga, tidak ada atau sedikit peluang penyelewengan dari Dana Desa yang selama beberapa tahun ini dan beberapa tahun ke depan jumlahnya terus meningkat.

 

Kerapian dokumen menjadi kunci penting dalam perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi. Keempatnya adalah satu kesatuan yang dijalankan berdasarkan tujuan yaitu visi misi lurah, diusulkan oleh masyarakat dan dilaksanakan oleh tim yang ada. Sehingga, peran dari masing-masing bidang tersebut bisa maksimal meskipun pada kenyataannya tetap terdapat kekurangan dalam jumlah personil yang ada. Swadaya masyarakat menjadi kunci penting untuk melengkapi kinerja pemerintahan agar optimal.

 

Adanya pemeriksaan diharapkan bisa semakin meningkatkan transparansi pemerintahan desa terhadap warga masyarakat. Kerapian data akan mempermudah check and balance kegiatan-kegiatan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga, adanya pemerintah desa bisa menjadi tonggak awal tercapainya masyarakat yang sejahtera seutuhnya.

 

Dion-red

 

Komentar atas Inspeksi Kinerja Desa Wijirejo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Lokasi WIJIREJO

tampilkan dalam peta lebih besar